Pengaturan Panas Solder Blower Yang Tepat

Seperti namanya, solder blower atau solder uap menggunakan uap untuk operasionalnya. Uap yang dihasilkan tergantung dari pengaturan tekanan panas. Dibutuhkan keahlian untuk mengatur tekanan panas agar menghasilkan tekanan udara atau uap secara tepat. Pada beberapa komponen membutuhkan tekanan uap yang tidak sama satu dengan lainnya.

Tekanan udara dan suhu pengaturan panas pada solder blower harus benar-benar diperhatikan. Pengaturan suhu yang kurang tepat dapat mengakibatkan kerusakan pada pcb. Sehingga pemakaian solder blower ini membutuhkan keahlian, kecermatan, ketelitian dan kesabaran. Apalagi yang berkaitan dengan komponen-komponen berukuran kecil.

Pengaturan Panas Yang Tepat

Pengaturan suhu pada solder blower dilakukan dengan memutar bagian tombol UP dan DOWN yang tersedia. Sedangkan pengaturan tekanan udara yang keluar dari mata solder diatur pada posisi berdasarkan nomor. Pengaturan atau seting panas sangat berpengaruh terhadap kerja solder uap ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengaturan tekanan panas pada solder blower.

  1. Untuk mengeringkan.

Jika akan menghilangkan cairan atau mengeringkan maka menggunakan tekanan panas sebesar 100° hingga 200°C. Tekanan uap yang dipakai adalah nomor 8 dan hembusan kencang.

  • Memanaskan dan mencairkan timah.

Untuk memanaskan dan mencairkan timah pada posisi bawah memakai tekanan panas sebesar 350° hingga 400°C. Tekanan uap yang digunakan adalah nomor 3 dengan hembusan sangat pelan. Begitu pula jika akan memanaskan dan mencairkan timah pada posisi atas sama perlakuannya dengan posisi bawah.

  • Mengangkat dan menempatkan komponen.

Untuk mengangkat dan menempatkan komponen menggunakan tekanan panas 350° sampai 400°C. Tekanan uap yang dipakai nomor 3 dengan hembusan sangat pelan.

  • Pengangkatan fleksibel dari PCB.

Jika akan melakukan ini dapat memakai tekanan panas 250° sampai 300°C dan tekanan uap nomor 3 dengan hembusan sangat pelan.

  • Pengangkatan komponen plastik.

Pada perlakuan komponen plastik memakai tekanan panas sebesar 250° sampai 275°C. Tekanan uap nomor 3 dengan hembusan sangat pelan.

  • Pencetakan kaki IC.

Proses pencetakan ini menggunakan tekanan panas sebesar 350° sampai 400°C. Tekanan uap nomor 3 dan hembusan sangat pelan. Pengaturan panas atau suhu yang benar akan menghasilkan tekanan uap secara tepat. Pemakaian solder blower untuk komponen yang berbeda membutuhkan suhu berbeda pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *