Penting! Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Blower HP

Pemakaian blower HP tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan teknisi harus selalu bersikap hati-hati saat mengoperasikannya. Fungsi alat ini sendiri adalah untuk memasang, mencetak dan mengangkat serta melalukan solder ulang terhadap komponen HP yang mengalami kerusakan.

Teknik Memegang

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat menggunakan blower adalah saat memegang alat tersebut. Sangat beda dengan solder biasa, posisi memegang blower untuk HP harus tegak dan lurus terhadap spare part atau komponen yang menjadi target.

Teknik Pemakaian

Perabot blower HP mempunyai dua sistem pengaturan yaitu berupa pengaturan panas yang keluar dari moncong solder dan pengaturan linear yang berhubungan antara satu dengan yang lain. Makin tinggi suhu yang dikeluarkan, makin tinggi pula tekanan yang dihasilkan.

Blower ini memiliki kelebihan utama dibanding solder biasa, yaitu dapat melelehkan timah tanpa melalui sentuhan langsung, karena lebih mengandalkan panas udara. Agar fungsinya bisa berjalan lebih optimal, aturlah suhu dan tekanan sesuai dengan kebutuhan jangan terlalu berlebihan maupun sebaliknya terlalu kurang.

Misalnya jika membutuhkan suhu berukuran 200 derajat maka pengaturannya juga berada di posisi sama. Di sini setiap teknisi harus bisa memahami kebutuhan panas dan tekanan setiap komponen itu berbeda-beda. Pelajari hal ini lebih dulu sebelum menggunakan langsung peralatan blower HP untuk memperbaiki kerusakan ponsel.

Teknik Mengatur Suhu Dan Tekanan Udara

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilupakan dalam penggunaan blower untuk HP adalah teknik mengatur suhu dan tekanan udara. Misalnya jika alat tersebut dipakai untuk mengeringkan cairan, suhu yang dibutuhkan adalah antara 100 hingga 200 derajat dengan tekanan udara kencang atau 8.

Kemudian untuk memanaskan dan melelehkan timah baik itu di posisi atas maupun bawah, suhu yang dibutuhkan antara 250 hingga 400 derajat dan tekanan udaranya adalah pelan atau 3. Untuk komponen dari plastik, butuh panas sekitar 250 hingga 275 derajat dan tekanan udara pelan.

Selain itu masih ada komponen lain yang dapat diperbaiki melalui blower HP dengan pengaturan panas dan tekanan udara yang berbeda-beda. Jadi jika ingin menambahi, informasikan saja melalui kolom komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *